- Definisi Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang
dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang
dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul
dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan
ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan
antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa
jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga
hingga negara,
dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah,
menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam
mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah
peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut
dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial
aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial
yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
- Sejarah Jejaring Sosial
Jejaring
sosial muncul atas dasar ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh
belahan dunia.
Kehadiran
jejaring sosial diawali dengan munculnya Sixdegrees.com pada tahun 1997 sebagai
situs jejaring sosial pertama di dunia.
Tahun
1999 dan 2000 muncul situs jejaring sosial bernama lunarstorm, live journal,
dan cyword sengan sistem informasi searah.
Nah,
pada tahun 2010 munculah Friendster, situs jejaring sosial yang sangat populer
selama beberapa tahun hingga akhirnya terlindas oleh kemunculan Facebook.
Frienster sendiri awalnya ditujukan sebagai tempat untuk mencari jodoh secara
online. Akan tetapi pengguna jejaring sosial yang sekarang dimiliki oleh
perusahaan asal Malaysia itu lebih meminatinya sebagai situs untuk saling
berkenalan dengan pengguna lain.
Tahun
2003 bermunculan situs jejaring sosial lain dengan beragam kategori seperti
Flikr (berbagi foto), Youtube (berbagi video), dan MySpace (banyak digunakan
sebagai jejaring sosial musik). Selain Friendster, MySpace merupakan jejaring
sosial populer pada saat itu.
Pada
Tahun 2006, kehadiran facebook menggeser posisi jejaring sosial yang ada pada
saat itu. Facebook yang diluncurkan pada 2004 itu saat ini telah memiliki lebih
dari 750 juta pengguna.
Tahun
2009, muncul jejaring sosial Twitter yang saat ini juga merupakan salah satu
jejaring sosial populer. Pengguna Twitter (tweep) dibatasi dalam berkicau
(tweet) maksimal 140 karakter. Namun justru pembatasan ini yang membuat Twitter
menjadi jejaring sosial micro blogging pupuler. Karena terbatas, jadi orang
hanya menuliskan kata-kata yang penting saja, dan tidak lebay seperti
kebanyakan status di Facebook.
Baru-baru
ini saham jejaring sosial MySpace dibeli oleh penyanyi Justin Timberlake yang
kabarnya sebagai pemilik saham terbesar. Dengan menguasai sebagian saham
MySpace, Justin bertekat untuk menjadikan MySpace sebagai jejaring sosial musik
yang pupuler.
Tahun
2011 ini muncul lagi jejaring sosial baru bernama Google+ (dibaca Google plus)
yang dibuat oleh perusahaan internet raksasa, Google. Jejaring sosial ini
sepertinya sengaja dibuat untuk menyaingi situs milik Mark Zukerberg, Facebook.
Dengan tampilan dan fitur yang sangat mirip facebook, Google+ disebut-sebut
akan menjadi jejaring sosial populer. Mungkinkah bisa mengalahkan Facebook?
Kelebihan
Google+ adalah memiliki fitur dan sistem yang dimiliki oleh facebook dan
twitter, bisa dibilang penggabungan dari dua jejaring sosial tersebut.
- Sutus Jejarin Sosial
1.
Facebook
Siapa yang tak kenal dengan situs
ini. Logonya pun kini banyak dipasang di iklan produk mana pun. Semua kalangan
pun dari semua jenjang setidaknya pernah mendengar jejaring sosial
paling terkenal ini. Semua orang tahu sehingga tidak perlu dibahas
banyak-banyak.
Facebook adalah situs jejaring
sosial paling populer saat ini dengan 900 juta pengunjung berbeda setiap bulan.
Situs ini diprakarsai oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004. Facebook
tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi
sosial tertentu. Minimal umur untuk bisa menikmati layanan Facebook adalah 13
tahun.
Pendiri utama Facebook, Mark
Zuckerberg, selalu mendapat tuntutan hukum dari Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss (pendiri
UConnect) dengan tuduhan telah mencuri ide mereka membuat jejaring sosial
semacam Facebook. Memang dulu Mark dipekerjakan oleh mereka untuk membuat
sebuah situs jejaring sosial untu Harvard. Akan tetapi, Mark pun membuat versi
jejaring sosialnya sendiri dengan ide tambahannya sendiri. Facebook atau dulu
namanya The Facebook pun merambah secara “eksklusif” dari universitas ke
universitas di Amerika. Karena eksklusif untuk mahasiswa elit, ketenaran
Facebook pun meningkat drastis hingga puncaknya menjadi situs jejaring sosial
paling terkenal sekarang.
2.
Twitter
Twitter memiliki pengunjung hingga
300 juta orang setiap bulannya. Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit
menjadi situs jejaring sosial terkenal kedua di dunia. Banyak yang menggemari
Twitter karena ringkas dan sangat cepat dalam update informasi.
Twitter memang berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan
RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya
internet”. Bahkan ada iklan yang mengatakan bahwa Twitter lebih
cepat dari gempa.
Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams,
dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat
pertumbuhan Twitter sangat luar biasa. Setahun setelah meluncur terdapat lebih
dari 400.000 tweet yang lewat dalam layanan Twitter. Jumlah ini berlipat ganda
hingga 100 juta tweet di tahun 2008. Kini rata-rata tweet harian Twitter adalah
340 juta tweet per hari. Logo situs ini pun selalu bersanding di samping logo
Facebook pada setiap iklan produk dan promo acara, menunjukkan betapa
terkenalnya situs jejaring sosial ini.
3.
LinkedIn
Situs jejaring sosial ini fokus pada
relasi profesional. Situs ini memiliki 120 juta pengguna di
dalamnya. Situs ini dibangun oleh Reid Hoffman, dkk di tahun 2003. Sebagai
situs yang bermain di bidang profesionalitas, kita bisa juga mencari relasi
atau bahkan pekerjaan pada LinkedIn. Situs ini juga cocok untuk orang yang
mencari pekerja sesuai dengan kriteria yang dimasukkan. LinkedIn akan
mencari orang yang cocok sesuai dengan keahlian yang dimasukkan dalam
profilenya. Kini, LinkedIn telah menjadi kakas utama de
facto untuk jaringan profesional.
4.
Myspace
Myspace bisa dibilang adalah situs
yang mempopulerkan layanan jejaring sosial. Mbahnya jejaring sosial. Jejaring
sosial menjadi terkenal berkat ia. Memang, ia pernah menjadi situs jejaring
sosial paling populer sekitar tahun 2006 dan bahkan melebihi situs pencarian
Google pada jumlah pengunjung bulanan. Pada waktu itu ia dihargai hingga sampai
$580 juta. Sekarang kondisi Myspace sangat buruk bahkan katanya pengunjung
bulanannya lebih rendah dari situs jejaring sosial kurang terkenal Tagged.
Jumlah pengguna Myspace sekarang sekitar 100 juta orang. Myspace sekarang
dihargai sekitar $12 juta.
MySpace bersifat umum sama seperti
Facebook. Semua bisa mendaftar asal sudah mengaku
berumur minimal 13 tahun. Myspace dibangun oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada tahun 2003.
5.
Google+
Google+ bisa dibilang merupakan
jejaring sosial paling anyar. Meluncur pada 28 Juni 2011, kini pengguna Google+
sudah mencapai 170 juta orang. Google+ banyak digemari
orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur
komunikasi dan berinteraksi dengan video. Sebelum peluncurannya, Google+
disebut-sebut sebagai pesaing berat Facebook. Pada awal peluncuran, Google+ pun
menerima sangat banyak permintaan undangan. Peluncurannya sangat dinanti orang
dan sangat terkenal di kalangan techy. Akan tetapi, menurut hasil survey
Mashable pada Februari tahun ini, rata-rata
waktu orang tinggal di Google+ hanya sekitar 3 menit per bulan dibanding
Facebook 7,5 jam per bulan.
Google+ merupakan usaha Google ke
sekian kalinya dalam dunia jejaring sosial. Beberapa produk jejaring sosial
google sebelumnya adalah Buzz, Wave, dan Health. Kini Google+ menjadi seperti
pemersatu dari seluruh layanan tersebar yang dimiliki Google.
6.
deviantART
Situs ini adalah surganya para
pecinta seni gambar. Jika Anda seorang artis (bukan artis yang di tivi itu log
ya), terutama yang bergelut di bidang seni gambar, Anda wajib memunyai halaman
disini. Disini Anda juga bisa menemui halaman-halaman dan karya artis-artis
terkenal seperti personil Supercell.
DeviantArt meluncur pada 7 Agustus
2000 oleh Angelo Sotira,dkk.
Kini deviantART memiliki sekitar 22 juta pengguna dengan 25 juta pengunjung
setiap bulannya.
7.
LiveJournal
LiveJournal merupakan jejaring sosial yang sangat dekat dengan blog. Pengguna situs ini dapat membuat jurnal dan buku harian (diary). Fitur yang membedakan LiveJournal dari blog kebanyakan adalah fitur daftar teman (friendlist) sehingga ia seperti gabungan blog dan jejaring sosial. Blog bisa dibuat privat atau hanya dibagi ke teman-teman tertentu.
LiveJournal dibuat oleh Brad Fitzpatrick pada tahun 1999. Awalnya ia
membuat LiveJournal sebagai sarana penghubung dia dan teman-teman.
Pengguna LiveJournal sekarang mencapai 17 juta pengguna. Situs ini sangat
populer di Rusia.
8.
Tagged
Situs jejaring sosial Tagged sama
seperti situs jejaring sosial pada umumnya. Tagged bersifat umum sama seperti
Facebook. Fiturnya standar melihat profil orang lain, pos, main game, dll. Akan
tetapi, fitur lain yang berbeda disini adalah kita bisa berbagi tag
dan memberikan hadiah ke teman.
Tagged dibangun oleh Greg Tseng and Johann Schleier-Smith di
pertengahan 2004. Mereka rencanya ingin membuat Yahoo untuk remaja atau MTV
masa depan. Tagged mengaku memiliki 100 juta pengguna dalam databasenya.
Pengguna ini juga berasal dari situs jejaring sosial hi5 yang ia akuisisi. Akan
tetapi, tagged terkenal sebagai situs yang reseh (annoying). Situs ini
mengambil daftar email dari kontak email kita dan mengirimi mereka
masing-masing undangan untuk bergabung ke tagged. Tagged pun berdalih bahwa
mereka sudah kita “tambah” sebagai teman.
9.
Orkut
Orkut merupakan jejaring sosial
milik Google. Situs ini dinamai berdasarkan salah satu pegawai Google
yakni Orkut Büyükkökten.
Si Orkut membangun Orkut.com sebagai proyek sampingan saat ia bekerja di Google
tahun 2004. Orkut sangat populer di Brazil dan India. Sekarang ia
dioperasikan dan dimanajemen secara penuh di Brazil. Kini ia mulai merambah ke
Estonia walaupun juga sudah mulai sepi karena banyak yang beralih ke Facebook.
Jumlah pengguna Orkut mencapai 100 juta pengguna. Di Orkut, pengguna dapat
mengganti halaman profilnya dengan pilihan tema dengan beragam warna.
10.
CafeMom
Jejaring sosial ini unik sekali
karena ia dikhususkan untuk ibu-ibu atau wanita yang sesaat lagi menjadi ibu.
Memang situs ini dibatasi untuk pengguna minimal 16 tahun dan wanita. Prinsip
situs ini adalah bebas pria (ketahun akun cowok akan langsung dihapus). Situs
ini menyedian tempat bagi para ibu untuk saling bertanya dan bertukar
informasi. Situs ini juga memiliki adik berupa jurnal bagi ibu-ibu yang
membahas gosip selebriti, masalah dan dilema keibuan beserta solusi, dan cara
mendekor rumah.
CafeMom dibuat oleh Andrew Shue dan Michael Sanchez pada tahun
2006. Setahun dari peluncurannya ke dunia maya, CafeMom sudah diramaikan
oleh para pengunjung wanita menurut comScore. Pada tahun 2009, situs
ini mulai mendapatkan keuntungan pertamanya. Kini, CafeMom memiliki 1,2 juta
pengguna. Pengunjung unik tiap bulannya hingga 8 juta orang dengan 140 juta
kunjungan.
11.
Ning
Ning adalah jejaring sosial yang
unik. Pengguna dapat membuat “jejaring sosial”-nya sendiri disini. Tampilan,
rasa, dan bahkan set fitur setiap jejaring sosial (seperti foto atau likes)
dapat diatur sendiri oleh pengguna. Bahkan persyaratan untuk mendaftar jejaring
sosial yang dibuat juga bisa diatur. Sampai Juni 2011, terdapat lebih dari
90.000 jejaring sosial yang dibuat disini. Jejaring ini dinamai Ning Networks.
Ning dibangun bersama
oleh Marc Andreessen dan Gina Bianchini. Andreessen adalah founder dari
Netscape. Secara global, Ning memiliki 65 juta pengunjung unik per bulan.
12.
Meetup
Meetup
adalah jejaring sosial yang memfasilitasi perencanaan “ketemuan” di dunia
nyata. Meetup bisa menghubungkan pengguna berdasarkan minat seperti politik,
game, musik, dll. Menurut www.ebizmba.com, situs ii memiliki 7,5 juta
pengunjung unik setiap bulannya.
Abu Bakar Fahmi. 2011. Mencerna Situs Jejaring Sosial, Elex Media Komputindo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar