Kamis, 01 November 2012

JEJARING SOSIAL

  •  Definisi Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.
Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
  • Sejarah Jejaring Sosial

Jejaring sosial muncul atas dasar ide untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia.
Kehadiran jejaring sosial diawali dengan munculnya Sixdegrees.com pada tahun 1997 sebagai situs jejaring sosial pertama di dunia.
Tahun 1999 dan 2000 muncul situs jejaring sosial bernama lunarstorm, live journal, dan cyword sengan sistem informasi searah.
Nah, pada tahun 2010 munculah Friendster, situs jejaring sosial yang sangat populer selama beberapa tahun hingga akhirnya terlindas oleh kemunculan Facebook. Frienster sendiri awalnya ditujukan sebagai tempat untuk mencari jodoh secara online. Akan tetapi pengguna jejaring sosial yang sekarang dimiliki oleh perusahaan asal Malaysia itu lebih meminatinya sebagai situs untuk saling berkenalan dengan pengguna lain.
Tahun 2003 bermunculan situs jejaring sosial lain dengan beragam kategori seperti Flikr (berbagi foto), Youtube (berbagi video), dan MySpace (banyak digunakan sebagai jejaring sosial musik). Selain Friendster, MySpace merupakan jejaring sosial populer pada saat itu.
Pada Tahun 2006, kehadiran facebook menggeser posisi jejaring sosial yang ada pada saat itu. Facebook yang diluncurkan pada 2004 itu saat ini telah memiliki lebih dari 750 juta pengguna.
Tahun 2009, muncul jejaring sosial Twitter yang saat ini juga merupakan salah satu jejaring sosial populer. Pengguna Twitter (tweep) dibatasi dalam berkicau (tweet) maksimal 140 karakter. Namun justru pembatasan ini yang membuat Twitter menjadi jejaring sosial micro blogging pupuler. Karena terbatas, jadi orang hanya menuliskan kata-kata yang penting saja, dan tidak lebay seperti kebanyakan status di Facebook.
Baru-baru ini saham jejaring sosial MySpace dibeli oleh penyanyi Justin Timberlake yang kabarnya sebagai pemilik saham terbesar. Dengan menguasai sebagian saham MySpace, Justin bertekat untuk menjadikan MySpace sebagai jejaring sosial musik yang pupuler.
Tahun 2011 ini muncul lagi jejaring sosial baru bernama Google+ (dibaca Google plus) yang dibuat oleh perusahaan internet raksasa, Google. Jejaring sosial ini sepertinya sengaja dibuat untuk menyaingi situs milik Mark Zukerberg, Facebook. Dengan tampilan dan fitur yang sangat mirip facebook, Google+ disebut-sebut akan menjadi jejaring sosial populer. Mungkinkah bisa mengalahkan Facebook?
Kelebihan Google+ adalah memiliki fitur dan sistem yang dimiliki oleh facebook dan twitter, bisa dibilang penggabungan dari dua jejaring sosial tersebut.
  •  Sutus Jejarin Sosial

1. Facebook


Siapa yang tak kenal dengan situs ini. Logonya pun kini banyak dipasang di iklan produk mana pun. Semua kalangan pun dari semua jenjang setidaknya pernah mendengar jejaring sosial paling terkenal ini. Semua orang tahu sehingga tidak perlu dibahas banyak-banyak.

Facebook adalah situs jejaring sosial paling populer saat ini dengan 900 juta pengunjung berbeda setiap bulan. Situs ini diprakarsai oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada tahun 2004. Facebook tergolong situs jejaring sosial yang umum. Tidak dikhususkan untuk suatu relasi sosial tertentu. Minimal umur untuk bisa menikmati layanan Facebook adalah 13 tahun.

Pendiri utama Facebook, Mark Zuckerberg, selalu mendapat tuntutan hukum dari Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss (pendiri UConnect) dengan tuduhan telah mencuri ide mereka membuat jejaring sosial semacam Facebook. Memang dulu Mark dipekerjakan oleh mereka untuk membuat sebuah situs jejaring sosial untu Harvard. Akan tetapi, Mark pun membuat versi jejaring sosialnya sendiri dengan ide tambahannya sendiri. Facebook atau dulu namanya The Facebook pun merambah secara “eksklusif” dari universitas ke universitas di Amerika. Karena eksklusif untuk mahasiswa elit, ketenaran Facebook pun meningkat drastis hingga puncaknya menjadi situs jejaring sosial paling terkenal sekarang.

2. Twitter


Twitter memiliki pengunjung hingga 300 juta orang setiap bulannya. Termasuk pemain baru, Twitter langsung melejit menjadi situs jejaring sosial terkenal kedua di dunia. Banyak yang menggemari Twitter karena ringkas dan sangat cepat dalam update informasi. Twitter memang berfokus pada layaan blogging mikro (microblogging) dan RSS untuk pesebaran informasi. Ia sering disebut-sebut sebagai “SMS-nya internet”. Bahkan ada iklan yang mengatakan bahwa Twitter lebih cepat dari gempa.

Twitter dibangun oleh Jack Dorsey, Noah Glass, Evan Williams, dan Biz Stone pada 15 Juli 2006. Tingkat pertumbuhan Twitter sangat luar biasa. Setahun setelah meluncur terdapat lebih dari 400.000 tweet yang lewat dalam layanan Twitter. Jumlah ini berlipat ganda hingga 100 juta tweet di tahun 2008. Kini rata-rata tweet harian Twitter adalah 340 juta tweet per hari. Logo situs ini pun selalu bersanding di samping logo Facebook pada setiap iklan produk dan promo acara, menunjukkan betapa terkenalnya situs jejaring sosial ini.

3. LinkedIn


Situs jejaring sosial ini fokus pada relasi profesional. Situs ini memiliki 120 juta pengguna di dalamnya. Situs ini dibangun oleh Reid Hoffman, dkk di tahun 2003. Sebagai situs yang bermain di bidang profesionalitas, kita bisa juga mencari relasi atau bahkan pekerjaan pada LinkedIn. Situs ini juga cocok untuk orang yang mencari pekerja sesuai dengan kriteria yang dimasukkan.   LinkedIn akan mencari orang yang cocok sesuai dengan keahlian yang dimasukkan dalam profilenya. Kini, LinkedIn telah menjadi kakas utama de facto  untuk jaringan profesional.

4. Myspace


Myspace bisa dibilang adalah situs yang mempopulerkan layanan jejaring sosial. Mbahnya jejaring sosial. Jejaring sosial menjadi terkenal berkat ia. Memang, ia pernah menjadi situs jejaring sosial paling populer sekitar tahun 2006 dan bahkan melebihi situs pencarian Google pada jumlah pengunjung bulanan. Pada waktu itu ia dihargai hingga sampai $580 juta. Sekarang kondisi Myspace sangat buruk bahkan katanya pengunjung bulanannya lebih rendah dari situs jejaring sosial kurang terkenal Tagged. Jumlah pengguna Myspace sekarang sekitar 100 juta orang. Myspace sekarang dihargai sekitar $12 juta.

MySpace bersifat umum sama seperti Facebook. Semua bisa mendaftar asal sudah mengaku berumur minimal 13 tahun. Myspace dibangun oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada tahun 2003.

5. Google+


Google+ bisa dibilang merupakan jejaring sosial paling anyar. Meluncur pada 28 Juni 2011, kini pengguna Google+ sudah mencapai 170 juta orang. Google+ banyak digemari orang karena fitur barunya Circle dan Hangout yang memudahkan orang mengatur komunikasi dan berinteraksi dengan video. Sebelum peluncurannya, Google+ disebut-sebut sebagai pesaing berat Facebook. Pada awal peluncuran, Google+ pun menerima sangat banyak permintaan undangan. Peluncurannya sangat dinanti orang dan sangat terkenal di kalangan techy. Akan tetapi, menurut hasil survey Mashable pada Februari tahun ini, rata-rata waktu orang tinggal di Google+ hanya sekitar 3 menit per bulan dibanding Facebook 7,5 jam per bulan.

Google+ merupakan usaha Google ke sekian kalinya dalam dunia jejaring sosial. Beberapa produk jejaring sosial google sebelumnya adalah Buzz, Wave, dan Health. Kini Google+ menjadi seperti pemersatu dari seluruh layanan tersebar yang dimiliki Google.

6. deviantART


Situs ini adalah surganya para pecinta seni gambar. Jika Anda seorang artis (bukan artis yang di tivi itu log ya), terutama yang bergelut di bidang seni gambar, Anda wajib memunyai halaman disini. Disini Anda juga bisa menemui halaman-halaman dan karya artis-artis terkenal seperti personil Supercell.

DeviantArt meluncur pada 7 Agustus 2000  oleh Angelo Sotira,dkk. Kini deviantART memiliki sekitar 22 juta pengguna dengan 25 juta pengunjung setiap bulannya.

7. LiveJournal

LiveJournal merupakan jejaring sosial yang sangat dekat dengan blog. Pengguna situs ini dapat membuat jurnal dan buku harian (diary). Fitur yang membedakan LiveJournal dari blog kebanyakan adalah fitur daftar teman (friendlist) sehingga ia seperti gabungan blog dan jejaring sosial. Blog bisa dibuat privat atau hanya dibagi ke teman-teman tertentu.

LiveJournal dibuat oleh  Brad Fitzpatrick pada tahun 1999. Awalnya ia membuat LiveJournal sebagai sarana penghubung dia dan teman-teman.  Pengguna LiveJournal sekarang mencapai 17 juta pengguna. Situs ini sangat populer di Rusia.

8. Tagged


Situs jejaring sosial Tagged sama seperti situs jejaring sosial pada umumnya. Tagged bersifat umum sama seperti Facebook. Fiturnya standar melihat profil orang lain, pos, main game, dll. Akan tetapi, fitur lain yang berbeda disini adalah kita bisa  berbagi tag dan memberikan hadiah ke teman.

Tagged dibangun oleh Greg Tseng and Johann Schleier-Smith di pertengahan 2004. Mereka rencanya ingin membuat Yahoo untuk remaja atau MTV masa depan. Tagged mengaku memiliki 100 juta pengguna dalam databasenya. Pengguna ini juga berasal dari situs jejaring sosial hi5 yang ia akuisisi. Akan tetapi, tagged terkenal sebagai situs yang reseh (annoying). Situs ini mengambil daftar email dari kontak email kita dan mengirimi mereka masing-masing undangan untuk bergabung ke tagged. Tagged pun berdalih bahwa mereka sudah kita “tambah” sebagai teman.

9. Orkut


Orkut merupakan jejaring sosial milik Google. Situs ini dinamai berdasarkan salah satu pegawai Google yakni Orkut Büyükkökten. Si Orkut membangun Orkut.com sebagai proyek sampingan saat ia bekerja di Google tahun 2004. Orkut sangat populer di Brazil dan India. Sekarang ia dioperasikan dan dimanajemen secara penuh di Brazil. Kini ia mulai merambah ke Estonia walaupun juga sudah mulai sepi karena banyak yang beralih ke Facebook. Jumlah pengguna Orkut mencapai 100 juta pengguna. Di Orkut, pengguna dapat mengganti halaman profilnya dengan pilihan tema dengan beragam warna.

10. CafeMom 


Jejaring sosial ini unik sekali karena ia dikhususkan untuk ibu-ibu atau wanita yang sesaat lagi menjadi ibu. Memang situs ini dibatasi untuk pengguna minimal 16 tahun dan wanita. Prinsip situs ini adalah bebas pria (ketahun akun cowok akan langsung dihapus). Situs ini menyedian tempat bagi para ibu untuk saling bertanya dan bertukar informasi. Situs ini juga memiliki adik berupa jurnal bagi ibu-ibu yang membahas gosip selebriti, masalah dan dilema keibuan beserta solusi, dan cara mendekor rumah.

CafeMom dibuat oleh  Andrew Shue dan Michael Sanchez pada tahun 2006. Setahun dari peluncurannya ke dunia maya, CafeMom sudah diramaikan oleh para pengunjung wanita menurut comScore. Pada tahun 2009, situs ini mulai mendapatkan keuntungan pertamanya. Kini, CafeMom memiliki 1,2 juta pengguna. Pengunjung unik tiap bulannya hingga 8 juta orang dengan 140 juta kunjungan.

11. Ning


Ning adalah jejaring sosial yang unik. Pengguna dapat membuat “jejaring sosial”-nya sendiri disini. Tampilan, rasa, dan bahkan set fitur setiap jejaring sosial (seperti foto atau likes) dapat diatur sendiri oleh pengguna. Bahkan persyaratan untuk mendaftar jejaring sosial yang dibuat juga bisa diatur. Sampai Juni 2011, terdapat lebih dari 90.000 jejaring sosial yang dibuat disini. Jejaring ini dinamai Ning Networks.

Ning dibangun bersama oleh  Marc Andreessen dan Gina Bianchini. Andreessen adalah founder dari Netscape. Secara global, Ning memiliki 65 juta pengunjung unik per bulan.

12. Meetup

Meetup adalah jejaring sosial yang memfasilitasi perencanaan “ketemuan” di dunia nyata. Meetup bisa menghubungkan pengguna berdasarkan minat seperti politik, game, musik, dll. Menurut www.ebizmba.com, situs ii memiliki 7,5 juta pengunjung unik setiap bulannya.


Abu Bakar Fahmi. 2011. Mencerna Situs Jejaring Sosial, Elex Media Komputindo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar